1. Sistem
Informasi Akuntansi
Akuntansi merupakan sebuah proses
sistematis. Terdapat beberapa tahap yang harus dilalui dalam proses akuntansi.
Salah satu kemampuan yang harus dimiliki oleh bagian akuntansi adalah membuat
atau menyusun persamaan akuntansi yang bersumber pada bukti transaksi. Berdasar
persamaan ini sebenarnya laporan keuangan dapat disusun, namun terlalu
sederhana dan tidak rinci sehingga tetap harus melalui tahap-tahap akuntansi
yang wajar.
Semakin berkembangnya teknologi dalam dunia industri saat ini menyebabkan sebuah instansi dituntut untuk menggunakan teknologi sebagai penujang utama dari perkejaan instansi tersebut. sistem informasi akuntansi merupakan salah satu bidang teknologi informasi (TI) yang didukung dengan kemampuan dan penguasaan dalam bidang Akuntansi.
SIA mempunyai fungsi
penting dalam sebuah organisasi diantaranya adalah pertama untuk mengumpulkan
dan menyimpan data tentang sebuah aktifitas dan juga transaksi, kedua memproses
data menjadi sebuah informasi yang dapat digunakan dalam proses pengambilan keputusan
dan yang ketiga untuk melakukan asset diperusahaan secara tepat.
Pengertian sistem
informasi
akuntansi (SIA)
itu sendiri adalah sebuah sistem informasi yang mempunyai metode dan prosedur
untuk mengumpulkan mengklarifikasikan, mengoperasikan dan melaporkan informasi
dalam sebuah bisnis. Lebih singkatnya SIA merupakan sistem informasi yang
menangani semua tugas-tugas dari akuntansi.
2. Akuntansi Berbasis Komputer
Komputerisasi berarti bahwa sebagian besar pengelolaan data dilakukan dengan menggunakan komputer sebagai alat bantu. Proses komputerisasi ini melibatkan komputer sebagai perangkat utama sarana pemrosesan dan manusia sebagai pengatur, operator serta pengendali perangkat tersebut. Kelebihan yang di miliki komputer adalah memiliki kecepatan proses yang tinggi, ketepatan dalam melaksanakan instruksi, mampu melaksanakan operasi logika dengan baik, memiliki kestabilan dalam pemrosesan data
Komputerisasi akuntansi dimulai dari aktivitas
perusahaan dengan menggunakan data-data sebagai bahan baku yang nantinya akan
diolah menjadi laporan keuangan. Setelah data dikumpulkan dan di jurnal secara
manual maka akan masuk ke tahap input data. Tahap input data dengan memasukan
data mentah ke dalam komputer.
Setelah data masuk ke komputer, proses
akan dilakukan oleh komputer itu sendiri. Di dalam komputer, data diolah
menggunakan prosedur yang terdapat pada program aplikasi tertentu. Dalam hal
ini komputerisasi membutuhkan suatu sistematika kegiatan yang lengkap baik
tentang prosedur, aliran data, algoritma pemrosesan data sampai pada bentuk
keluaran yang diinginkan. Prosedur yang dimaksud adalah prosedur pengolahan
data yang sebelumnya dilakukan secara manual seperti bagaimana melakukan proses
posting data, proses penghitungan rugi laba, dan sebagainya. Hal itu berarti
bahwa komputer telah menggantikan prosedur-prosedur yang berlaku secara manual
dengan program khusus dimana operator tidak perlu lagi memikirkan bagaimana
data diproses dan tinggal menunggu hasil pemrosesannya saja. Hasil pengolahan
data dari komputer akan dikeluarkan dalam bentuk laporan-laporan yang
dibutuhkan. Laporan-laporan tersebut selanjutnya akan dikembalikan kepada
perusahaan dan pihak-pihak yang membutuhkan untuk berbagai keperluan.
3.
Komputer Akuntansi dalam UMKM
Komputerisasi
akuntansi adalah sebuah sistem akuntansi dimana komputer sebagai teknologi
untuk menjalankan aplikasi yang digunakan dalam mengolah transaksi akuntansi
dan sekaligus untuk menghasilkan laporan keuangan dalam sebuah perusahaan.
Dalam
perkembengannya UMKM di Indonesia berkembang sangatlah pesat dan cepat. Namun
terdapat beberapa masalah dalam perkembangannya. Masalah utama
dalam pengembangan UMKM
yaitu mengenai pengelolaan keuangan dalam usahanya tersebut, karena pengelolaan
yang baik memerlukan keterampilan Akuntansi yang baik pula oleh pelaku bisnis UMKM. Padahal dengan adanya laporan
keuangan akan memungkinkan pemilik memperoleh data dan informasi yang tersusun
secara sistematis.
Informasi akuntansi mempunyai pengaruh
yang sangat penting bagi pencapaian keberhasilan usaha, termasuk bagi usaha mikro,
kecil dan menengah. Informasi akuntansi yang berupa laporan keuangan dapat
menjadi modal dasar bagi usaha kecil dan menengah untuk pengambilan keputusan –
keputusan dalam pengelolaan usaha kecil, antara lain :
-
Keputusan
pengembangan pasar,
-
Pengembangan
harga
-
Serta
bermanfaat untuk mengintegrasikan keseluruhan aktivitas yang berhubungan dengan
proses administrasi dan keuangan yang terjadi kedalam suatu sistem informasi
akuntansi.
Sehingga
dapat memberikan peningkatan control terhadap data keuangan perusahaan dan
perbaikan tingkat keandalan informasi akuntansi.
Dengan adanya laporan keuangan, pemilik
dapat memperhitungkan keuntungan yang diperoleh, mengetahui berapa tambahan
modal yang dicapai, dan juga dapat mengetahui bagaimana keseimbangan hak dan
kewajiban yang dimiliki. Sehingga setiap keputusan yang diambil oleh pemilik
dalam mengembangkan usahanya akan didasarkan pada kondisi konkret keuangan yang
dilaporkan secara lengkap bukan hanya didasarkan pada asumsi semata.
Pentingnya penerapan ilmu akuntansi
dalam pengelolaan keuangan usaha mikro, kecil dan menengah (UMKM) dinilai masih
kurang dipahami oleh para pengusaha. Masih banyak pengusaha kecil yang belum
melakukan pencatatan atas laporan keuangan usahanya dengan baik. Bahkan, ada
juga yang tidak melakukan pencatatan. Para pengusaha kecil dan menengah
biasanya hanya mengerjakan pembukuan hanya sebatas pencatatan pendapatan dan
pengeluaran saja. Menyadari situasi dan kondisi tersebut di atas, maka
diperlukan sebuah inovasi teknologi baru agar para pelaku usaha mikro, kecil
dan menengah yang sebagian dari mereka yang belum mengerti pencatatan akuntansi
menjadi mengerti dan mudah menerapkannya.
4.
Manfaat
Adanya Komputer Akuntansi
Manfaat dan keuntungan
komputerisasi bagi para pelaku usaha UMKM adalah :
- Dapat menyediakan informasi yang akurat
dan tepat waktu sehingga dapat
melakukan aktivitas utama pada value chain secara efektif dan efisien.
- Pencegah kekeliruan karena tingkat ketelitian
dan fokus dari komputer lebih tinggi.
- Mengingkatkan
efisiensi
- Meningkatkan
kemampuan dalam pengambilan keputusan
- Meningkatkan
kualitas dan mengurangi biaya produk dan jasa yang dihasilkan
- Menambah
efisieansi kerja di bagian keuangan
- Meningkatkan
sharing knowledge
5. Aplikasi Komputer Akuntansi
Banyak jenis-jenis aplikasi yang digunakan untuk
akuntansi, beberapa aplikasi atau software untuk akuntansi terebut antara lain
:
- KRISHAND
- ACCURATE V3 Standard
- K-Sistem Indonesia
- SAGE ACCPAC ERP
- MYOB Accounting
- Microsoft Office Excel
- DacEasy Accounting (DEA)
- Payroll
- Simply acconting
- Peachtree
- Zahir Accounting
- Cash Register
- NetLedger
- LedgerPlus
Dari banyaknya aplikasi diatas MYOB Accounting
merupakan salah satu software yang umum dan cukup populer digunakan di
Indonesia. Software ini juga biasanya digunakan oleh sekolah untuk mengajar
pelajaran sistem informasi akuntansi (SIA). Ada beberapa hal yang menjadikan
lembaga pendidikan mengunakan MYOB Accounting
- User Friendly (mudah digunakan)
- Tingkat keamanan (security) yang cukup valid untuk setiap user
- Kemampuan explorasi, semua laporan ke program Excel tanpa melalui proses eksport/impor file, yang merepotkan.
- Kemampuan trash back ke source document dan source transaksi
- Dapat diaplikasikan untuk 105 jenis perusahaan yang telah direkomendasi
- Menampilkan laporan keuangan komparasi serta analisa laporan keuangan dalam bentuk grafik.
- Sudah teruji dibeberapa Negara maju dan berkembang lainnya.
MYOB terdapat
tiga versi yang beredar di Indonesia yaitu MYOB basic, MYOB Accounting, MYOB
Primer.
-
MYOB basic adalah
varian MYOB yang paling sederhana dan paling murah. Penggunaanya tidak
disarankan untuk perusahaan dengan transaksi yang rumit dan menginginkan
laporan keuangan yang lengkap. Dalam MYOB basic, tidak ada modul Inventory,
tidak ada modul Pembelian, kartu stock, laporan utang, dan tidak bisa send to
excel secara otomatis.
-
MYOB Accounting yang saat
ini beredar adalah MYOB versi 18. Satu perbedaan mencolok antara MYOB Basic
dengan MYOB Accounting adalah, MYOB Accounting sudah dilengkapi denga fitur
untuk melacak persediaan. Secara konsep akuntansi disebut sebagai catatan
persediaan perpetual. Jadi setiap ada mutasi barang akan terlacak (barang masuk
akibat pembelian atau retur penjualan, maupun barang keluar akibat penjualan
atau retur pembelian).
-
MYOB Premier adalah
varian MYOB dengan fitur terlengkap. Perbedaan utama antara MYOB Premier dengan
MYOB Accounting adalah fasilitas MYOB premier untuk menangani transaksi
multicurrency, fasilitas untuk melacak mutasi antar gudang, serta fasilitas
multiuser.
Artikel yang sangat informatif dan edukatif untuk beberapa profesional akuntan di Indonesia khususnya. Baca juga Manfaat Software Akuntansi
ReplyDelete