13 May 2015

Komputer Akuntansi UMKM


1.      Sistem Informasi Akuntansi
Akuntansi merupakan sebuah proses sistematis. Terdapat beberapa tahap yang harus dilalui dalam proses akuntansi. Salah satu kemampuan yang harus dimiliki oleh bagian akuntansi adalah membuat atau menyusun persamaan akuntansi yang bersumber pada bukti transaksi. Berdasar persamaan ini sebenarnya laporan keuangan dapat disusun, namun terlalu sederhana dan tidak rinci sehingga tetap harus melalui tahap-tahap akuntansi yang wajar.

Semakin berkembangnya teknologi dalam dunia industri saat ini menyebabkan sebuah instansi dituntut untuk menggunakan teknologi sebagai penujang utama dari perkejaan instansi tersebut. sistem informasi akuntansi merupakan salah satu bidang teknologi informasi (TI) yang didukung dengan kemampuan dan penguasaan dalam bidang Akuntansi.
SIA mempunyai fungsi penting dalam sebuah organisasi diantaranya adalah pertama untuk mengumpulkan dan menyimpan data tentang sebuah aktifitas dan juga transaksi, kedua memproses data menjadi sebuah informasi yang dapat digunakan dalam proses pengambilan keputusan dan yang ketiga untuk melakukan asset diperusahaan secara tepat.
Pengertian sistem informasi akuntansi (SIA) itu sendiri adalah sebuah sistem informasi yang mempunyai metode dan prosedur untuk mengumpulkan mengklarifikasikan, mengoperasikan dan melaporkan informasi dalam sebuah bisnis. Lebih singkatnya SIA merupakan sistem informasi yang menangani semua tugas-tugas dari akuntansi.
2.       Akuntansi Berbasis Komputer

Komputerisasi berarti bahwa sebagian besar pengelolaan data dilakukan dengan menggunakan komputer sebagai alat bantu. Proses komputerisasi ini melibatkan komputer sebagai perangkat utama sarana pemrosesan dan manusia sebagai pengatur, operator serta pengendali perangkat tersebut. Kelebihan yang di miliki komputer adalah memiliki kecepatan proses yang tinggi, ketepatan dalam melaksanakan instruksi, mampu melaksanakan operasi logika dengan baik, memiliki kestabilan dalam pemrosesan data
Komputerisasi akuntansi dimulai dari aktivitas perusahaan dengan menggunakan data-data sebagai bahan baku yang nantinya akan diolah menjadi laporan keuangan. Setelah data dikumpulkan dan di jurnal secara manual maka akan masuk ke tahap input data. Tahap input data dengan memasukan data mentah ke dalam komputer.
Setelah data masuk ke komputer, proses akan dilakukan oleh komputer itu sendiri. Di dalam komputer, data diolah menggunakan prosedur yang terdapat pada program aplikasi tertentu. Dalam hal ini komputerisasi membutuhkan suatu sistematika kegiatan yang lengkap baik tentang prosedur, aliran data, algoritma pemrosesan data sampai pada bentuk keluaran yang diinginkan. Prosedur yang dimaksud adalah prosedur pengolahan data yang sebelumnya dilakukan secara manual seperti bagaimana melakukan proses posting data, proses penghitungan rugi laba, dan sebagainya. Hal itu berarti bahwa komputer telah menggantikan prosedur-prosedur yang berlaku secara manual dengan program khusus dimana operator tidak perlu lagi memikirkan bagaimana data diproses dan tinggal menunggu hasil pemrosesannya saja. Hasil pengolahan data dari komputer akan dikeluarkan dalam bentuk laporan-laporan yang dibutuhkan. Laporan-laporan tersebut selanjutnya akan dikembalikan kepada perusahaan dan pihak-pihak yang membutuhkan untuk berbagai keperluan.

3.       Komputer Akuntansi dalam UMKM
Komputerisasi akuntansi adalah sebuah sistem akuntansi dimana komputer sebagai teknologi untuk menjalankan aplikasi yang digunakan dalam mengolah transaksi akuntansi dan sekaligus untuk menghasilkan laporan keuangan dalam sebuah perusahaan.
Dalam perkembengannya UMKM di Indonesia berkembang sangatlah pesat dan cepat. Namun terdapat beberapa masalah dalam perkembangannya. Masalah utama dalam pengembangan UMKM yaitu mengenai pengelolaan keuangan dalam usahanya tersebut, karena pengelolaan yang baik memerlukan keterampilan Akuntansi yang baik pula oleh pelaku bisnis UMKM. Padahal dengan adanya laporan keuangan akan memungkinkan pemilik memperoleh data dan informasi yang tersusun secara sistematis.
Informasi akuntansi mempunyai pengaruh yang sangat penting bagi pencapaian keberhasilan usaha, termasuk bagi usaha mikro, kecil dan menengah. Informasi akuntansi yang berupa laporan keuangan dapat menjadi modal dasar bagi usaha kecil dan menengah untuk pengambilan keputusan – keputusan dalam pengelolaan usaha kecil, antara lain :
-          Keputusan pengembangan pasar,
-          Pengembangan harga
-          Serta bermanfaat untuk mengintegrasikan keseluruhan aktivitas yang berhubungan dengan proses administrasi dan keuangan yang terjadi kedalam suatu sistem informasi akuntansi.
Sehingga dapat memberikan peningkatan control terhadap data keuangan perusahaan dan perbaikan tingkat keandalan informasi akuntansi.
Dengan adanya laporan keuangan, pemilik dapat memperhitungkan keuntungan yang diperoleh, mengetahui berapa tambahan modal yang dicapai, dan juga dapat mengetahui bagaimana keseimbangan hak dan kewajiban yang dimiliki. Sehingga setiap keputusan yang diambil oleh pemilik dalam mengembangkan usahanya akan didasarkan pada kondisi konkret keuangan yang dilaporkan secara lengkap bukan hanya didasarkan pada asumsi semata.
Pentingnya penerapan ilmu akuntansi dalam pengelolaan keuangan usaha mikro, kecil dan menengah (UMKM) dinilai masih kurang dipahami oleh para pengusaha. Masih banyak pengusaha kecil yang belum melakukan pencatatan atas laporan keuangan usahanya dengan baik. Bahkan, ada juga yang tidak melakukan pencatatan. Para pengusaha kecil dan menengah biasanya hanya mengerjakan pembukuan hanya sebatas pencatatan pendapatan dan pengeluaran saja. Menyadari situasi dan kondisi tersebut di atas, maka diperlukan sebuah inovasi teknologi baru agar para pelaku usaha mikro, kecil dan menengah yang sebagian dari mereka yang belum mengerti pencatatan akuntansi menjadi mengerti dan mudah menerapkannya.

4.      Manfaat Adanya Komputer Akuntansi
Manfaat dan keuntungan komputerisasi bagi para pelaku usaha UMKM adalah :
    - Dapat menyediakan informasi yang akurat dan tepat waktu sehingga dapat   melakukan aktivitas utama pada value chain secara efektif dan efisien.
-   Pencegah kekeliruan karena tingkat ketelitian dan fokus dari komputer lebih tinggi.
    -    Mengingkatkan efisiensi
    -    Meningkatkan kemampuan dalam pengambilan keputusan
    -    Meningkatkan kualitas dan mengurangi biaya produk dan jasa yang dihasilkan
    -    Menambah efisieansi kerja di bagian keuangan
    -    Meningkatkan sharing knowledge

5.       Aplikasi Komputer Akuntansi
Banyak jenis-jenis aplikasi yang digunakan untuk akuntansi, beberapa aplikasi atau software untuk akuntansi terebut antara lain :
  • KRISHAND
  • ACCURATE V3 Standard
  • K-Sistem Indonesia
  • SAGE ACCPAC ERP
  • MYOB Accounting
  • Microsoft Office Excel
  • DacEasy Accounting (DEA)
  • Payroll
  • Simply acconting
  • Peachtree
  • Zahir Accounting
  • Cash Register
  • NetLedger
  • LedgerPlus
Dari banyaknya aplikasi diatas MYOB Accounting merupakan salah satu software yang umum dan cukup populer digunakan di Indonesia. Software ini juga biasanya digunakan oleh sekolah untuk mengajar pelajaran sistem informasi akuntansi (SIA). Ada beberapa hal yang menjadikan lembaga pendidikan mengunakan MYOB Accounting
  1. User Friendly (mudah digunakan)
  2. Tingkat keamanan (security) yang cukup valid untuk setiap user
  3. Kemampuan explorasi, semua laporan ke program Excel tanpa melalui proses eksport/impor file, yang merepotkan.
  4. Kemampuan trash back ke source document dan source transaksi
  5. Dapat diaplikasikan untuk 105 jenis perusahaan yang telah direkomendasi
  6. Menampilkan laporan keuangan komparasi serta analisa laporan keuangan dalam bentuk grafik.
  7. Sudah teruji dibeberapa Negara maju dan berkembang lainnya.
MYOB terdapat tiga versi yang beredar di Indonesia yaitu MYOB basic, MYOB Accounting, MYOB Primer.
-          MYOB basic adalah varian MYOB yang paling sederhana dan paling murah. Penggunaanya tidak disarankan untuk perusahaan dengan transaksi yang rumit dan menginginkan laporan keuangan yang lengkap. Dalam MYOB basic, tidak ada modul Inventory, tidak ada modul Pembelian, kartu stock, laporan utang, dan tidak bisa send to excel secara otomatis.
-          MYOB Accounting yang saat ini beredar adalah MYOB versi 18. Satu perbedaan mencolok antara MYOB Basic dengan MYOB Accounting adalah, MYOB Accounting sudah dilengkapi denga fitur untuk melacak persediaan. Secara konsep akuntansi disebut sebagai catatan persediaan perpetual. Jadi setiap ada mutasi barang akan terlacak (barang masuk akibat pembelian atau retur penjualan, maupun barang keluar akibat penjualan atau retur pembelian).
-          MYOB Premier adalah varian MYOB dengan fitur terlengkap. Perbedaan utama antara MYOB Premier dengan MYOB Accounting adalah fasilitas MYOB premier untuk menangani transaksi multicurrency, fasilitas untuk melacak mutasi antar gudang, serta fasilitas multiuser.


















1 comment:

  1. Artikel yang sangat informatif dan edukatif untuk beberapa profesional akuntan di Indonesia khususnya. Baca juga Manfaat Software Akuntansi

    ReplyDelete